Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Sembelit

Sembelit atau susah BAB sering kali dialami oleh banyak orang. Sembelit atau susah BAB adalah kondisi dimana pencernaan sedang terganggu. Salah satu penyebabnya adalah kurang mengkonsumsi makanan berserat yang akhirnya mengakibatkan tinja atau kotoran mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Jika mengalami kram pada otot perut, sering buang gas, nafsu makan menghilang, mual, vertigo, atau perut terasa berat, maka ada kemungkinan terkena sembelit atau susah BAB.

Ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit atau susah BAB, yakni dengan cukup dengan perbanyak minum air putih, olahraga teratur, dan banyak mengkonsumsi makanan berserat (buah dan sayur).

Selain itu, sembelit atau susah BAB juga dapat diobati dengan daun kumis kucing. Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae/labiatae yang banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman ini dipercaya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan kita. Tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke Asia dan Australia.

Cara untuk mengobati sembelit atau susah BAB dengan daun kumis kucing cukup mudah. Siapkan beberapa helai daun kumis kucing, kemudian rebus dengan segelas air putih sampai benar-benar mendidih. Setelah dingin, minumlah minimal satu kali sehari atau sampai BAB normal kembali.