Manfaat Mengkonsumsi Puding Bagi Kesehatan

Puding adalah makanan pencuci mulut sekaligus camilan yang disukai banyak orang. Terbuat dari agar-agar dan susu, puding punya rasa dan tampilan beragam. Ada puding vanilla, puding cokelat, puding stroberi, puding mosaik, puding lapis, dan masih banyak lagi. Selain enak dan mudah dibuat, puding juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kandungan susu membuat puding memiliki kadar kalsium cukup tinggi. Kalsium adalah unsur penting bagi kekuatan tulang dan gigi. Kalsium juga mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh kita, seperti di sel darah, tulang, dan gigi. Kalsium juga mempengaruhi kontraksi otot, keseimbangan hormon dan transmisi impuls saraf. Tak hanya lezat, puding juga merupakan cara sehat mendapatkan kalsium bagi tubuh.

Vitamin dan mineral adalah komponen esensial pada puding. Vitamin D dan magnesium bersama-sama kalsium, dapat memperkuat struktur tulang dan lapisan luar gigi. Vitamin lain yang terkandung dalam puding antara lain vitamin A, C, B6, B12, dan E.

Agar-agar terbuat dari rumput laut jenis gracilaria sp atau gelidium sp. Kandungan serat pada rumput laut sangat tinggi. Serat bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karena karbohidratnya jenis kompleks, mengkonsumsi puding dapat merasa kenyang lebih lama tanpa takut mereka kegemukan. Klorofil pada ganggang laut hijau juga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, puding juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi karena kandungan airnya tinggi.